Rabu, Maret 25, 2009

Miliki Kelompok Orkestra Anda Sendiri.



Perna bermimpi punya kelompok orkestra seperti Twilight-nya Adi MS? Wujudkan impian itu sekarang juga. Anda bisa membuat arransemen sesuka hati anda. Dijamin tak ada satu pemain atau musisi yang akan menolak kehendak anda. Jumlah dan jenis instrumen anda yang menentukan. Durasi lagu, anda yang menentukan. Jenis musik anda yang menentukan. Dangdut, pop, regae, rap, keroncong, campur sari, seriosa, dll. Semuanya, anda yang menentukan. Wujudkan impian anda dengan Adobe Audition.
Hingga kini saya masih mencintai AA-1.5. Pernah coba Audition 3. Tapi gak sreg, akhirnya rujukan lagi dengan AA-1.5. Tertarik? Mau? Mau? Mau? Lanjutkan membaca.

Pilih dua cara ini:
1. Feelling Base, bermusik berdasarkan feeling aja.
2. Notation Base, bermusik berdasarkan feeling dan juga dia tau ‘baca’ not

Menurut saya....
Yang pilih no. 1. Mereka dari golongan yang berdaya ingat tinggi. Mampu mengingat melodi sebuah lagu yang diciptakan dalam kurun waktu tertentu. Kadang orang dari keompok ini menggunakan simbol2 tertentu untuk menandai melodi lagu, ya kan?
Yang pilih no. 2. (Saya sendiri memilih cara ini). Ketika muncul ide sebuah lagu, saya terlebih dahulu menuliskannya dalam bentuk notasi angka. Jika saat bersamaan yang muncul adalah syair dan lagu? Tuliskan syairnya lalu bubuhkan not di atasnya. Jangan lupa memberikan simbol harga/nilai notnya. Dengan cara ini, saya jadi mudah mengingat kembali ide yang pernah muncul hanya dengan membaca not yang tertera di atas syair lagu.

Ok, kita kembali ke Laptop.....
Ini cara saya membuat orkestra....
Persipapan:
1. Siapkan materi lagu. Lagu baru atau salah satu lagu favorit.
2. Nyalakan PC. Buka piranti Adobe Audition. Turn on Keyboard.
3. Pakai Headphone agar tidak diomelin orang rumah atau tetangga.
Proses Rekam:
1. Track 1. Dipakai sebagai dasar lagu/guidens. Saya merekam lagu menggunakan style standard keyboard lengkap dengan melodi secara utuh dari awal hingga akhir lagu. Tak lupa saya menggnakan Count in.
2. Track 2. Drum. Sebagai penjaga tempo/ketukan. Mengikuti count in pada track 1. Saya mainkan drum sesuai alunan musik pada track 1. O ya, agar drum lebih natural, sekarang lagi belajar menggunakan Fruity Loop 8. Belum bisa FL-8? Jangan kawatir. Saya menggunakan Drum Kit pada Qboard untuk mengisi drum. Ikuti saja ketukan lagu yang telah direkam sebelumnya. Jika masih terasa sulit, saya gunakan style keyboard saja.
3. Track 3, Bass. Sama seperti mengisi drum. Pilih Tone Bass pada keyboard sesuai selera. Bayangkan anda sedang menenteng gitar bass sungguhan. Mainkan dengan penuh gairah a trully bassiest.
4. Track 4, string. Pilih tone string yang menurut anda cocok untuk mengiringi lagu karya anda. Penempatan string akan berpengaruh pada padatnya musik. Alunan pun nikmat di telinga.
5. Track 5. Piano. Mainkan piano. Pada Bar tertentu mengikuti melodi dasar lagu. Pada bar yang ain Piano saya mainkan sebagai iringan saja.
6. Track Vocal. Jika alunan musik sudah dirasa cukup. Mulailah mengisi vocal.
Prinsipnya sama dengan mengisi instrumen.
Isi track selanjutnya dengan instrumen lain. Beri efek secukupnya agar lebih mantap. Pengaturan balancing antar instrumen mutlak diperlukan. Trial l& Error penting dilakukan sebelum mendapatkan Feel yang tepat. Cobalah untuk berskperimen dengan instrumen Etnik. Kolintang, Gamelan, Tifa, Tamburin, dll. Selamat mencoba.

Bila ingin karya anda didengar warga di sini, silahkan kirim saja ke sini plus penjelasan singkat tools & effect yang anda gunakan. Karya anda akan mendapat review dari seisi “kampung”.

3 komentar:

  1. posting juga fruity loop 8 dong???

    BalasHapus
  2. cara record di fruity loop 8 dan edting ny juga???

    ozzashake@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Om.. cara memainkan style dangdut/remix di fruity loops 8 gimana?? Aku ga tau caranya,, klo bikin musik songnya aku dikit-dikit tau,, tapi gimana dengan bermain fl studio 8 dengan menggunakan control style kyboard?? tolong za om... bls komentar saya di E-mail Triaswidodo@yahoo.com

    BalasHapus

Mohon koreksi dan masukkan untuk entri ini.
Terimakasih.